Sabtu, 04 Maret 2017

BAB 1 "PANCASILA"

MAKNA NILAI-NILAI PANCASILA
               Kita tahu bahwa Pancasila adalah ideologi dasar negara kita yaitu Indonesia. Pancasila menjadi pedoman kehidupan bagi seluruh daerah,suku,ras,agama diIndonesia ini. Ada 5 sila dalam pancasila, walaupun mempunyai makna yang berbeda-beda tetapi 5 sila ini saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Berikut makna dari 5 sila pancasila :

1. Sila Pertama
Ketuhanan Yang Maha Esa. Kita sebagai rakya Indonesia harus mempunyai kepercayaan kepada Tuhan, bukan beragama saja tetapi etika, tingkahlaku dan perbuatan kita juga mencerminkan akhlak kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuannya agar setiap warga mempunyai kerukunan walaupun berbeda keyakinan.

2. Sila Kedua
Kemanusiaan yang adil dan beradab. Kita sebagai masyarakat Indonesia yang mempunyai harkat dan martabat harus memperlakukan sesama manusia yang memiliki hak-hak asasi yang dimiliki. Hak untuk mendapatkan keadilan diIndonesia tanpa memandang suku, keturunan, agama, dan keparcayaan, kedudukan sosial, warna kulit. Tujuannya untuk menumbuhkan rada peduli, saling tolong menolong, saling mencintai dan sikap saling menghormati bahkan dapat bekerja sama dengan bangsa lain.

3. Sila Ketiga
Persatuan Indonesia. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus mempunyai rasa cinta tanah air. Dengan sikap saling tolong menolong terhadap sesama dan ikut serta dalam memperjuangkan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi. Dengan semuannya itupasti akan timbul kemerdekaan,ketertiban serta perdamaian diIndonesia. Tujuannya adalah untuk memajukan kesatuan dan persatuan diIndonesia ini.

4. Sila Keempat
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawarahan/ perwakilan. Kita sebagai masyarakt Indonesia harus mempunyai sikap peduli berpatisipasi atau ikut serta terhadap kegiatan politik atau lingkungan sekitar. Tujuannya agar Indonesia terus maju, bukan hanya dalam pemerintahannya saja yang berperan aktif dalam memajukan negara tetapi semua masyarakatpun ikut dalam memajukan kesehjahteraan Indonesia.

5. Sila Kelima
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Masyarakat Indonesia harus menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial, mengajak masyarakat agar mempunya rasa peduli sehingga terwujudnya kesejahteraan umum, yaitu kesejahteraan lahir dan batin bagi seluruh rakyat. Tujuannya agar keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta menghormati hak-hak orang lain.


Nah itu dia nilai dan makna 5 kesila dalam Pancasila. Tentu saja dengan menerapkan kelima sila Pancasila tersebut dalam kehidupan sehari-sehari akan menimbulkan perdamaian, kesehjahteraan serta kersatuan dan persatuan dinegara Indonesia. Pancasila mengajak kesadaran warga diIndonesia untuk hidup berdasarkan 5sila Pancasila. Bukan hanya sekedar pemahaman tetapi juga dituangkan dalam setiap aspek kehidupan bernegara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar