Sabtu, 11 Maret 2017

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA



Menurut Soekarno, Pancasila adalah filosofi hidup masyarakat Indonesia, yang terinspirasi dari filosofi budaya dalam sejarah Indonesia, termasuk budaya Hindu, Budha, Kristen, dan Islam.
Ideologi itu sendiri adalah kumpulan ide atau gagasan yang disampaikan oleh seseorang untuk mengatur jalannya pemerintahan. Dan dasar megara Indonesia menerapkan Pancasilalah sebagai ideologi. Terdapat 2 macam ideologi yaitu ideologi terbuka dan ideologi tertutup.
1.   Ideologi tertutup adalah ideologi yang bersifat mutlak.
Ideologi ini merupakan cita-cita sebuah kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk mengubah masyarakat. Menuntut masyarakat untuk memiliki kesetiaan total dan kesediaan untuk berkorban bagi ideologi tersebut.
2.  Ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak dimutlakkan.
Ideologi ini tidak diciptakan oleh negara, tetapi ditemukan dalam seluruh rakyat diIndonesia. 

Indonesia memiliki Pancasila sebagai indeologi terbuka.  
Mengapa pancasila dikatakan sebagai ideologi terbuka? Karena Pancasila tidak membedakan golongan maupun memojokkan suatu pandangan atau kelompok apapun, tetapi  sebuah ideologi dasar yang dimana semua golongan semua kalangan semua pandangan sebagai hamba Tuhan TME dapat memakainya sebagai pedoman ideologi dasar pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.


Apa pentingnya menerapkan pancasila sebagai ideologi terbuka? Diera globalisasi ini tantangan bisa mengancam eksistensi kepribadian bangsa, dan kini mau tidak mau, suka tidak suka, bangsa Indonesia berada di pusaran arus globalisasi dunia. Maka dari itu nilai-nilai luhur pansila dalam pergaulan dunia  berperan sebagai pandangan hidup dan dasar negara memegang peranan penting dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar