Sabtu, 15 April 2017

GEOPOLITIK

  

DEFINISI GEOPOLITIK

Geopolitik adalah sistem politik atau peraturan-peraturan dalam wujud kebijaksanaan dan strategi nasional yang didorong oleh aspirasi nasional geografik (kepentingan yang titik beratnya terletak pada pertimbangan geografi, wilayah atau territorial dalam arti luas) suatu Negara yang apabila dilaksanakan dan berhasil akan berdampak langsung kepada system politik suatu Negara.

Peranan-Peranan Geopolitik :
  • Berusaha menghubungkan kekuasaan negara dengan potensi alam yang tersedia.
  • Menghubungkan kebijaksanaan suatu pemerintahan dengan situasi dan kondisi alam.
  • Menentukan bentuk dan corak politik luar dan dalam negeri.
  • Menggariskan pokok-pokok haluan negara, misalnya pembangunan.
  • Berusaha untuk meningkatkan posisi dan kedudukan suatu negara berdasarkan teori negara sebagai organisme, dan teori-teori geopolitik lainnya.
  • Membenarkan tindakan-tindakan ekspansi yang dijalankan oleh suatu negara.

Contoh kasus geopolitik
Kasus mengenai perbatasan dengan Negara tetangga seperti Malaysia. Dalam beberapa masalah konflik antara lain konflik kebudayaan, sosial dan batas wilayah territorial.

Solusi menangani kasus :
Jadi saran yang terbaik dalam contoh kasus ini adalah kita yang sebagai pemuda bangsa harus bisa meneruskan cita-cita yang telah di buat oleh para founding fathers kita yang menginginkan bahwa Negara kita harus menjadi Negara yang maju, mandiri, dan sejahtera. Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam undang-undang dasar 1945 dan pancasila. Tidak hanya kaum muda saja yang harus menjaga bangsa ini melainkan seluruh rakyat Indonesia. Dan mulai sekarang kita harus menjaga dan melindungi apa-apa yang telah ada di Negara ini jangan sampai mengalami nasib yang sama di kemudian hari nanti.

KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat diambil dari contoh kasus ini yang berkaitan dengan geospolitik dan geostrategi adalah kekayaan alam dan sumber daya yang terkandung di dalamnya dimiliki sebuah Negara hendaknya dinikmati dan dimanfaatkan oleh rakyatnya. Tanpa pengecualian melupakan tugas kita merawat dan melindungi suatu ketahanan nasioanal suatu bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar